Salam
Gubernur Sumatera Barat
"Mari kita sukseskan Pekan Informasi Nasional VI di Sumatera Barat, dengan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa."
Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi., M.Sc.
Pencarian
Hari Ini
21 Mei 2018
Info Kegiatan
Belum ada agenda.
Pekan Informasi Nasional (PIN) Tahun 2014 Siap Digelar di Sumatera Barat

Ditulis pada 26 Mar 2014 oleh admin

Panitia Pekan Informasi Nasional (PIN) Pusat dari Kementerian Komunikasi Informasi RI Jakarta mengadakan rapat dengan Panitia Daerah di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Panitia PIN Pusat dipimpin oleh Drs. Hendra Purnama, M.Si., yang sehari-hari adalah Direktur Kemitraan Komunikasi, Kementerian Kominfo RI, beserta rombongan diterima oleh Kepala Biro Humas Setda Prov. Sumatera Barat, Irwan. S.Sos.

PIN akan dilaksanakan di Kota Padang yang direncanakan di atas tanggal 20 Mei 2014 sekaligus dalam rangka merayakan Hari Kebangkitan Nasional. Dalam penjelasannya, Direktur Kemitraan Komunikasi Bapak Drs. Hendra Purnama, M.Si., mengatakan bahwa pelaksanaan PIN sebelumnya adalah di Medan Sumatera Utara dan merupakan penyelenggara PIN terbaik di Indonesia. Bapak Hendra mengharapkan PIN 2014 yang dilaksanakan di Sumatera Barat harus lebih baik dari pada yang dilaksanakan di Medan.

Bak gayung bersambut tantangan ini disambut dengan antusias oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala Biro Humas, dalam sambutannya Kepala Biro mengatakan, “Hal ini merupakan tantangan bagi kami di Sumatera Barat. Kalaupun tidak lebih baik pelaksanaan PIN di Sumatera Barat, minimal harus sama dengan apa yang dilaksanakan di Medan Sumatera Utara,” kata Bapak Irwan dengan merendah.

Pelaksanaan PIN di Padang nanti akan menampilkan segala bentuk kemajuan kreativitas masyarakat, baik yang tradisional maupun dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Di samping itu juga dilaksanakan pameran hasil kreativitas KIM se-Sumatera Barat dan juga KIM dari sembilan (9) Provinsi yang ada di nusantara yang masuk finalis KIM berprestasi. PIN di Sumatera Barat (Padang) juga akan dihadiri oleh negara tetangga seperti dari Malaysia dan Brunai Darussalam yang selalu ikut dalam penyelenggaraan PIN, karena merasa memiliki kebudayaan yang serumpun atau rumpun Melayu, baik keseniannya maupun kulinernya serta bangsanya. Di samping itu juga dilaksanakan Parade Budaya Nusantara yang diikuti oleh seluruh Peserta dan ditambah dengan Paguyuban Daerah se-nusantara yang ada di Sumatera Barat dan etnis lainnya.

Rapat dengan Panitia PIN Pusat juga diikuti oleh Pemerintah Kota Padang terutama dari Dishub Kominfo, Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan Kota Padang. Sedangkan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang terlibat langsung adalah Biro Humas sebagai leading sector, Dinas Pariwisata Seni Budaya, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pendidikan, Dinas Pehubungan dan Kominfo, Biro Perekonomian, Biro Umum, dan Satpol PP. Tim Panitia Pusat terdiri dari Hendra Purnama, Sukatmi, Mulyadi, Gunarjo, Niken, Novi dan Eko. Setelah rapat juga dilakukan tinjauan ke lapangan tempat pemusatan acara, yaitu ke Lapangan GOR Haji Agus Salim dan lapangan terbuka Imam Bonjol Padang. Salah satu dari lokasi ini akan dipilih sebagai pemusatan PIN 2014 ini.

tags: tik, masyarakat

 
Komentar
comments powered by Disqus