Salam
Gubernur Sumatera Barat
"Mari kita sukseskan Pekan Informasi Nasional VI di Sumatera Barat, dengan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa."
Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi., M.Sc.
Pencarian
Hari Ini
19 Oktober 2018
Info Kegiatan
Belum ada agenda.
Seleksi Pertunjukan Rakyat Tradisional dalam rangka Festival Pertunjukan Rakyat Tahun 2014

Ditulis pada 19 May 2014 oleh Irawan

Sebagai upaya untuk memberikan motivasi dan pengembangan serta peningkatan pemanfaatan Media Pertunjukan Rakyat atau kesenian tradisional sebagai saluran media komunikasi dan diseminasi informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyelenggarakan kegiatan “Apresiasi Media Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional”.  Kegiatan ini juga merupakan bagian dari penciptaan atmosfir bagi upaya-upaya penggalian dan pengembangan seni pertunjukan rakyat, serta sebagai upaya memperkenalkan suatu daerah, pembanding, dan wahana untuk tukar menukar pengetahuan, pengalaman dan keahlian.

Terselenggaranya kegiatan Apresiasi Media Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi masyarakat, pemerintah, pelaku seni, media massa, dan kalangan swasta terhadap peran dan fungsi Media Pertunjukan Rakyat sebagai media hiburan/tontonan dan tuntunan, kontrol sosial, dan saluran diseminasi informasi. 

Pada tahap awal, Kementerian Kominfo telah melakukan penyeleksian terhadap Pertunjukan Rakyat Tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia. Proses awal ini dilakukan dengan menilai CD/DVD Pertunjukan Rakyat Tradisional yang telah dikirimkan kepada panitia. Total jumlah peserta yang mengikuti proses seleksi ini adalah 18 provinsi, yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, Lampung, dan Gorontalo. Seleksi terhadap CD/DVD yang telah dikirimkan dinilai berdasarkan aspek penampilan, isi pesan dalam cerita, hiburan, musik, dan tari.

Setelah dilakukan penilaian terhadap satu-persatu seluruh CD/DVD, Tim Penilai telah menetapkan 8 (delapan) Kelompok Pertunjukan Rakyat Tradisional yang lolos masuk ke tingkat nasional di Padang, pada pelaksanaan PIN 2014 mendatang. Ke delapan finalis tersebut adalah sebagai berikut:
1.     Sumatera Utara
2.     Sumatera Selatan
3.     Jawa Barat
4.     Jawa Timur
5.     DI Yogyakarta
6.     Sulawesi Barat 
7.     Kalimantan Timur
8.     Papua
 
Selanjutnya, ke-8 finalis akan tampil di panggung utama PIN 2014 pada tanggal 24 - 25 Mei di Lapangan Utama GOR Haji Agus Salim Padang. Bagi yang penasaran dengan aksi pentas Kelompok Pertunjukan Rakyat tersebut, datang saja ke venue utama Pekan Informasi Nasional.
 

tags: masyarakat, pertunra, festival

 
Komentar
comments powered by Disqus