Salam
Gubernur Sumatera Barat
"Mari kita sukseskan Pekan Informasi Nasional VI di Sumatera Barat, dengan rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa."
Prof. Dr. Irwan Prayitno, Psi., M.Sc.
Pencarian
Hari Ini
22 Juli 2018
Info Kegiatan
Belum ada agenda.
Profil
A.       LATAR BELAKANG
Masyarakat yang maju dan modern merupakan tolok ukur keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Oleh karena itu, setiap bangsa di dunia berupaya mengarahkan pembangunan nasional untuk mencapai kemajuan masyarakat. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah melalui penetrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang tinggi di tengah masyarakat, disertai dengan kemampuan masyarakat untuk memanfaatkannya. Kesiapan masyarakat untuk mempergunakan TIK sangat penting, agar masyarakat benar-benar mampu memanfaatkan TIK secara bijak.
 
Selaras dengan pelaksanaan visi dan misi yang diembannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya melaksanakan pembangunan di bidang komunikasi dan informatika (kominfo) secara maksimal guna mewujudkan masyarakat informasi yang maju, modern dan sejahtera. Upaya ini tidak lepas dari penyediaan infrastruktur TIK secara merata di seluruh wilayah Tanah Air, diikuti dengan pemberdayaan sumberdaya manusia baik secara perorangan maupun melalui kelompok, serta penyediaan informasi yang positif dan bermanfaat bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.
 
Seiring demokratisasi, tuntutan agar pemerintah memenuhi hak tahu (right to know) masyarakat semakin menguat. Hal tersebut membawa konsekuensi semakin tingginya kewajiban moral (moral obligation) pemerintah untuk menyediakan berbagai jenis dan ragam informasi. Demokratisasi juga mensyaratkan makin terbukanya akses informasi publik, yang pada akhirnya mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik. Sejalan dengan itu, Kemkominfo berupaya memenuhi kecukupan informasi publik serta meningkatkan aksesibilitas informasi guna mendorong partisipasi masyarakat.
 
Terkait dengan hal tersebut, pembangunan di bidang komunikasi dan informatika (kominfo) harus dilaksanakan secara terintegrasi dan merata di seluruh wilayah tanah air, selain itu juga perlu dievaluasi dan disempurnakan terus-menerus agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk mencapai hasil optimal, koordinasi dan sinergi dengan pemerintah dan masyarakat di daerah dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kominfo sangat diperlukan. Sinergi diperlukan untuk menyatu-padukan sumberdaya dan potensi yang ada agar berimbas positif terhadap kemajuan masyarakat.
 
Pemerintah melalui Kemenkominfo telah berupaya menyediakan sarana dan prasarana kominfo untuk mempermudah akses informasi masyarakat. Selain itu, juga menyebarluaskan konten informasi yang mendidik, mencerahkan, memberdayakan, dan membangkitkan nasionalisme melalui berbagai media, baik media penyiaran, cetak, online, tatap muka, luar ruang, maupun media pertunjukan rakyat. Namun demikian, berbagai upaya tersebut belum sepenuhnya mampu mewujudkan masyarakat yang demokratis, modern, dan berwawasan kebangsaan, sebagaimana dicita-citakan.
 
Realitas masyarakat Indonesia yang sangat majemuk menuntut penyediaan informasi dilakukan dengan cara yang bervariasi. Masih rendahnya tingkat literasi media dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi informatika, di sisi lain, membuat masyarakat belum mampu memilih dan memilah informasi secara benar dan bijak. Akbatnya masyarakat belum mampu mendayagunakan informasi untuk meningkatkan taraf hidup. Tantangan inilah yang harus dijawab dalam pembangunan bidang kominfo di masa datang.
 
Pemerintah terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan di bidang infrastruktur, infostruktur, maupun suprastuktur kominfo. Melalui peningkatan kemampuan menggunakan TIK, kemampuan literasi dan penguatan kelembagaan, masyarakat secara perorangan maupun melalui kelompok, diharapkan mampu mendayagunakan nilai tambah informasi guna meningkatkan kohesi sosial, taraf hidup dan kesejahteraan.
 
Berkenaan dengan hal tersebut, Kemkominfo secara rutin sejak tahun 2009 menyelenggarakan Pekan Informasi Nasional (PIN). Kegiatan yang dilaksanakan secara bergiliran di berbagai daerah di Tanah Air ini merupakan wujud upaya untuk mempererat jalinan koordinasi, sinergi, dan evaluasi pembangunan bidang kominfo. PIN juga merupakan wahana pendidikan publik di ruang publik khususnya dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, PIN juga merupakan sarana diseminasi informasi konten positif kepada masyarakat. Melalui PIN, sinergi pemerintah-masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan bidang kominfo diharapkan semakin harmonis, sehingga pada akhirnya berdampak positif terhadap upaya pencapaian masyarakat yang maju, modern dan sejahtera.
 
Untuk tahun 2014 ini, PIN akan diselenggarakan pada tanggal 23 s.d. 27 Mei 2014 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, dengan tema “Melalui Pekan Informasi Nasional Kita Perkokoh Persatuan dan Kesatuan dalam Bingkai NKRI untuk Menuju Masyarakat Indonesia yang Informatif.”
 
B.       PERMASALAHAN
Belum optimalnya koordinasi, sinergi, evaluasi dan pemerataan pembangunan infrastruktur, infostruktur, dan suprastruktur bidang kominfo. Di sisi lain, apresiasi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masih rendah. Semua berakibat pada belum optimalnya dampak positif dari pembangunan bidang kominfo terhadap terciptanya masyarakat yang demokratis, maju, modern dan cinta NKRI.
 
C.       TUJUAN
  1. Meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infastruktur, infostruktur dan suprastruktur bidang kominfo antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
  2. Meningkatkan koordinasi dan sinergi di antara para pemangku kepentingan dalam kegiatan evaluasi pembangunan bidang kominfo.
  3. Meningkatkan pemerataan pembangunan bidang kominfo di seluruh wilayah Indonesia, khususnya dalam penyediaan sarana/prasarana TIK, pengembangan kelembagaan, dan penyediaan konten informasi yang positif.
  4. Meningkatkan peran anggota masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi sebagai wahana pemberdayaan masyarakat, serta wahana optimalisasi nilai tambah informasi untuk meningkatkan taraf hidup.
 
D.      SASARAN
  1. Meningkatnya koordinasi dan sinergi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infastruktur, infostruktur dan suprastruktur bidang kominfo antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
  2. Meningkatnya koordinasi dan sinergi di antara para pemangku kepentingan dalam kegiatan evaluasi pembangunan bidang kominfo.
  3. Meningkatnya pemerataan pembangunan bidang kominfo di seluruh wilayah Indonesia, khususnya dalam penyediaan sarana/prasarana TIK, pengembangan kelembagaan, dan penyediaan konten informasi yang positif.
  4. Meningkatnya peran anggota masyarakat dan kelompok-kelompok masyarakat yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi sebagai wahana pemberdayaan masyarakat, serta wahana optimalisasi nilai tambah informasi untuk meningkatkan taraf hidup.
 
E.       BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan yang dilaksanakan di antaranya terdiri dari:
1.     Festival Pertunjukan Rakyat
2.     Sarasehan Media Tradisional dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
3.     Temu wicara KIM dan Pertunra
4.     Lomba Blogger dan Animasi
5.     Pameran teknologi penyiaran, pos dan telekomunikasi, produk informasi dan produk KIM
6.     Kegiatan lain
 
F.       PESERTA
Peserta PIN 2014 terdiri dari unsur Dinas/Instansi/Badan Kominfo/Humas Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Kelompok Pertunjukan Rakyat (Pertunra), dan penyedia layanan teknologi informasi. 
 
Komentar
comments powered by Disqus